Sabtu, 26 Februari 2011

Sistem Informasi SDM

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA (SISDM/HRIS)


Sistem Informasi Sumber Daya Manusia merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Teknologi Informasi. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas (MSDM) seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/ enterprise resource planning (ERP). Secara keseluruhan sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM melalui satu basisdata yang sama merupakan hal yang sangat penting yang membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya, menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan aturan-aturannya. (Wikipedia)

Adapun definisi yang didapat dari Web Resmi Dinas Kesehatan Kab Bone Bolangan, sistem informasi sumber daya manusia adalah system terintegrasi yang menyediakan informasi yang digunakan dalam pembuatan keputusan sumber daya manusia.


Ditinjau dari manfaatnya Sistem Informasi Sumber Daya Manusia mempunyai manfaat dalam organisasi yaitu otomatis dalam system penggajian dan aktivitas tunjangan. Dengan system informasi sumber daya manusia, catatan waktu karyawan dimasukan dalam system, dan pengurangan yang sesuai dan penyesuaian karyawan lainnya akan tercermin dalam pengecekan gaji terakhir. (dinkesbonebolango)



Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. Isi dari tulisan ini di dapat dari berbagai sumber.

Daftar Sumber :
- id.wikipedia.org
- http://dinkesbonebolango.org

0 komentar:

Posting Komentar