Minggu, 20 Maret 2011

Teknologi Informasi

TEKNOLOGI INFORMASI



Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan komunikasi dalam kelangsungan hidupnya, sementara itu di antaranya ada informasi yang mengalir.
Dahulu manusia berkomunikasi dan saling berbagi informasi dengan cara konfensional seperti bertatap muka dan berkirim surat. Namun di tangan teknologi segala bentuk informasi dapat disampaikna dengan cara yang lebih mudah dan sederhana namun dengan konteks pengertian informasi yang tetap terjaga.


Dalam website wikipedia tertera bahwa teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Adapun pengertian teknologi informasi di dapat dari blog gudang ilmu ialah:
a. Seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal.

b.Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memroses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untik mengirimkan informasi

c.teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data,suara dan video.

Ada pula pengertian teknologi informasi yang saya dapat dari web hdn, Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Kelebihan :
Dengan adanya teknologi informasi telah banyak membuat cara pandang manusia terhadap cara berkomunikasi berubah, hal ini karena manfaat teknologi informasi yang dirasakan seperti:
- cara menyampaikan informasi yang lebih mudah dan cepat
- media penyalur informasi yang mudah dijangkau dan murah
- informasi dapat dengan mudah didapat dimana saja dan kapan saja
- informasi yang tersedia lebih realtime dan terupdate


Kekurangan:
Informasi yang semakin banyak bertebar di dunia, entah dalam segi real maupun abstrak telah banyak mengalami penyimpangan yang justru dapat menjebak dan menjerumuskan penggunanya seperti :
- banyaknya informasi dengan sumber yang tidak jelas
- media penyalur informasi mudah disalah gunakan
- manusia menjadi cenderung haus akan informasi karena informasi yang realtime
- mencipatakan manusia yang individualistis karena kurang adanya kontak mata yang biasa dilakukan dalam cara komunikasi konfensional


Kesimpulan:
Secara garis besar, kita sebagai manusai tidak mungkin menolak dan berpaling muka akan perubahan teknologi yanng ada.
Karena kita sebagai objek dari perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi telah dimonolpoli oleh perkembangan jaman yang mengharuskan kita mau tidak mau harus mengikuti perkembanagn jaman.
Disisi lain dengan adanya perubahan kearah yang positif sudag pasti ada kendala dan kekurangan yang pada umumnya kendala dan masalah yang ada justru datang dari objek kemajuan teknologi itu sendiri, yaitu manusai.
Kita sebagai manusia hendaknya dapat lebih biijak dalam menggunakan teknologi dan lebih peka lagi dalam memiliah-milah informasi yang kita butuhkan.


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
http://gudangilmukomputer.blogspot.com
http://www.hdn.or.id/index.php/research/2006/berbagai_definisi_teknologi_informasi_1

5 komentar:

pu3mew mengatakan...

setuju bgt....gimana pun jg qta g bisa nolak kemajuan teknologi dan harus siap dengan semua perubahan dan dampak2nya. toh sejauh ini qta sebagai user sangat dipermudah dengan adanya teknologi. hanya bagaimana kita bijak dalam penggunaannya (seperti anda bilang)

Anonim mengatakan...

menarik sekali tulisan anda....sangat berguna bagi yang membuthkannya!!!!ditunggu tulisan berikutnya ya...^^...

Dwie Utami mengatakan...

Materi yang kamu posting cukup lengkap...

Dzanna mengatakan...

cukup detail ...
memang semua itu kmbali lgi pda user'a .. harus bnar" pintar dlm memilah informasi ..
like this ..

teny mulia "nie" mengatakan...

nice :)
harus bijak n jgn smpai menyalahgunakan teknologi..

Posting Komentar